Inilah 10 Pahala Membaca AlQuran yang Belum Tentu Kita Ketahui

Inilah 10 Pahala Membaca AlQuran yang Belum Tentu Kita Ketahui

pahala membaca alQuran | Al Qur’an diturunkan dengan iringan keberkahan, sebagaimana Allah menyatakannya dalam surat Al An’am ayat 92, “Dan ini (Al Quran) adalah kitab yang telah Kami turunkan yang diberkahi.” Maka seiring keberkahannya itulah pahala membaca alQuran juga sangat berlimpah.

Begitu istimewanya pahala membaca alQuran, karenanya bila kita mendengar al Qur’an dibacakan maka hendaknya menyimaknya dengan baik. Allah berfirman dalam surat Al A’raaf ayat 204, “Dan apabila dibacakan Al Quran, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat.”

Maka, tidakkah kita ingin menjadi bagian dari golongan yang mendapat pahala membaca alQuran? Dengan terus membacanya, bahkan tidak sekadar membacanya. Sebab Allah juga telah memandu kita agar membaca al Qur’an dengan sebaik-baik bacaan. “Dan bacalah Al Quran itu dengan perlahan-lahan,” begitu firman Allah dalam surat al Muzammil ayat 4.

Lalu, agar terus termotivasi untuk membaca al Qur’an, kita perlu mengetahui 10 pahala membaca alQuran sebagai berikut. 10 pahala ini akan kita dapatkan dalam perjalanan di dunia hingga akhirat kelak.

 



Pahala Membaca alQuran yang Pertama adalah mendapat ketenangan dan dimuliakan Allah.

pahala membaca alQuran (4)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Dan tidaklah berkumpul sekelompok orang di rumah dari rumah Allah yang membaca kitabullah serta saling mempelajarinya di antara mereka, kecuali diturunkan atas mereka ketenangan dan dilimpahkan rahmat, dan dikelilingi malaikat serta Allah akan menyebut mereka di sisi-Nya.” (HR. Muslim / 2699)

 

 

 

Baru membacanya saja sudah mendapat imbalan pahala membaca alQuran berupa ketenangan dan kemuliaan dari Allah. Dan inilah kunci kebahagiaan. Sebab dengan ketenangan kita akan bahagia di dunia, dan dengan kemuliaan dari Allah maka kita akan mendapatkan kebahagiaan di akhirat.

 

Pahala Membaca alQuran yang Kedua adalah diangkatnya derajat.

Berkata Umar, bahwa Nabi kalian shalallahu ‘alaihi wasallam telah bersabda: “Sesungguhnya Allah mengangkat dengan kitab ini derajat suatu kaum dan merendahkan dengannya yang lainnya.” (HR. Muslim)

Selain mendapat ketenangan dan kemuliaan, kita juga akan mendapat pahala membaca alQuran berupa terangkatnya derajat nilai hidup kita.

 

Pahala Membaca alQuran yang Ketiga adalah setiap huruf memiliki satu pahala kebaikan dengan sepuluh kali lipatnya.

Dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari kitabullah maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan dengan sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan Alif Laam Miin itu satu huruf, tetapi Alif itu satu huruf dan Laam itu satu huruf dan Miim itu satu huruf.” (HR. At Tirmidzi / 2327)

Bila dua pahala membaca alQuran sebelumnya bisa kita dapatkan tunai dalam kehidupan dunia, maka pahala yang ketiga ini merupakan catatan kebaikan untuk bekal di akhirat kelak. Sekali kita membaca satu hurufnya maka akan mendapat sepuluh pahala membaca alQuran.

 

Pahala Membaca alQuran yang Keempat adalah dibersamai malaikat yang mulia.

Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Yang mahir membaca al Qur’an bersama malaikat yang terhormat, dan yang membaca al Qur’an sedangkan ia terbata-bata serta mengalami kesulitan maka baginya dua pahala.” (HR. Bukhari / 4937 dan Muslim / 798)

Selanjutnya, selain sepuluh catatan kebaikan tersebut, pahala membaca alQuran yang lebih istimewa lagi adalah dibersamai malaikat yang mulia. Kebersamaan malaikat menunjukkan mulianya kita di hadapan Allah, dan tentu itu harapan kita semua. Bahkan bilapun masih terbata-bata membaca al Qur’an, kita juga akan mendapatkan pahala membacanya bahkan mendapat dua pahala.

 

Pahala Membaca alQuran yang Kelima adalah diingat di langit.

Dari Ibnu Abbas, bahwa Rasulullah bersabda: “Engkau hendaknya membaca al Qur’an, agar ia menjadi cahaya bagimu di muka bumi dan mengingatmu di langit.”

Tidak hanya dibersamai malaikat, kita juga akan selalu diingat oleh warga langit sebagai imbalan pahala membaca alQuran. Diingat oleh warga dunia saja memuliakan, apalagi diingat warga langit.

pahala membaca alQuran (2)

 

Pahala Membaca alQuran yang Keenam adalah cahaya di hari kiamat.

Rasulullah bersabda: “Siapa yang menyimak ayat dari kitabullah, dituliskan baginya kebaikan yang berlipat. Dan siapa yang membacanya, maka baginya cahaya di hari kiamat.” (HR. Ahmad)

Selain diingat di langit, kita juga akan mendapat pahala membaca alQuran berupa cahaya di hari kiamat. Sungguh mencekamnya hari kiamat, namun tidak bagi yang akrab dengan al Qur’an karena mendapatkan cahaya.

 

Pahala Membaca alQuran yang Ketujuh adalah syafaat di hari kiamat.

Dari Abi Umamah al Baahili radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Bacalah al Qur’an maka ia akan datang pada hari kiamat sebagai syafaat bagi yang membacanya.” (HR. Muslim / 804)

Bukan sekadar mendapat cahaya di hari kiamat, juga akan mendapat pahala membaca alQuran berupa syafaat. Sungguh setiap kita perlu syafaat di hari kiamat. Salah satu syafaat itu bisa kita dapatkan dari al Qur’an, tentu bila kita rajin membaca al Qur’an.

 

Pahala Membaca alQuran yang Kedelapan adalah mendapat tempat sesuai akhir bacaan al Qur’an.

Dari Abdullah bin Amru bin Ash radhiyallahu ‘anhuma, bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Dikatakan kepada sahabat al Qur’an, ‘Bacalah dan mendakilah! Bacalah dengan tartil sebagaimana kamu membaca dengan tartil di dunia! Maka sesungguhnya tempatmu di akhir ayat yang kamu baca.’” (HR. Abu Dawud / 1300)

Begitulah selanjutnya, tempat kita di akhirat pun sesuai akhir bacaan al Qur’an. Sampai ayat mana kita membacanya, maka itulah tingkatan tempat kita sebagai pahala membaca alQuran yang akan kita dapatkan.

 

Pahala Membaca alQuran yang Kesembilan adalah menjadi keluarga Allah dan hamba pilihan-Nya.

Dari Anas radhiyallahu ‘anhu berkata: telah bersabda Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam: “Sesungguhnya Allah Ta’ala memiliki keluarga di antara manusia.” Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, siapa mereka?” Beliau bersabda, “Mereka adalah ahlul Qur’an yang menjadi keluarga Allah dan hamba pilihan-Nya.”

Bahkan bukan sekadar syafaat dan tempat tinggi di akhirat kelak, termasuk pahala membaca alQuran adalah menjadi keluarga Allah dan hamba pilihan-Nya. Inilah puncak kemuliaan yang akan kita dapatkan di akhirat.

 



Pahala Membaca alQuran yang Kesepuluh adalah mendapat mahkota dan dapat memuliakan orang tua.

pahala membaca alQuran (3)

Bahwa Rasulullah bersabda: “Barangsiapa yang membaca al Qur`an, mempelajarinya dan mengamalkannya, kelak pada hari kiamat dikenakan mahkota dari cahaya yang sinar kemilaunya seperti cahaya matahari. Dan bagi kedua orang tuanya masing-masing dikenakan untuknya dua pakaian kebesaran yang tak bisa dinilai dengan dunia. Maka kedua orangtuanya bertanya: ‘Karena apa kami diberi pakaian (kemuliaan) seperti ini?’ Maka dijawab: ‘Karena anak kalian berdua belajar dan menghafal al Qur`an’.” (Mustadrak Al-Hakim, 1/568)

Inilah puncaknya, mendapat mahkota yang bersinar kemilau. Sehingga tidak hanya dimuliakan di akhirat, melainkan juga dikenali kemuliaannya di akhirat kelak. Dan yang lebih membahagiakan lagi, bahwa kita dapat memuliakan kedua orang tua.

Demikianlah pahala membaca alQuran yang semoga bisa memotivasi kita untuk terus membaca al Quran dan mempelajarinya. Terakhir, selalulah ingat pesan sahabat Rasulullah yang bernama Khabab bin Al Art radhiyallahu ‘anhu, “Mendekatlah kepada Allah semampumu, bahwa sesungguhnya engkau belum mendekat kepadanya kecuali dengan sesuatu yang paling dicintainya dari kalam-Nya.”



 

 

 

disajikan oleh Irfan Azizi – Penulis Serial Novel Ekonomi Syariah

| Jakarta, 8 Agustus 2017

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *